Desa Selorejo Dirintis Jadi Model Percontohan Nasional

Posted by BUMDes SELOMAKMUR on 05.27

Desa Selorejo Dirintis Jadi Model Percontohan Nasional

 
Foto : Dokumentasi BUMDes Selo Makmur

 Lima desa di wilayah Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, kini dirintis untuk dijadikan model percontohan desa mandiri tingkat nasional. Rintisan ini, dilakukan dengan memberdayakan seluruh potensi, demi peningkatan kesejahteraan warga masyarakatnya.
Kepala Badan Pemderdayaan Masyarakat (Bapermas) Kabupaten Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, menyatakan, kelima desa yang dirintis untuk dijadikan model percontohan tingkat nasional tersebut, terdiri atas Desa Girimarto, Semagar, Selorejo, Bubakan, dan Waleng. ”Perintisannya dilakukan Kementerian Desa, bersama institusi terkait lainnya,” jelas Semedi Budi Wibowo.
Terkait dengan program tersebut, pihak Kementerian Desa akan memberikan bantuan ternak sapi sebanyak 180 ekor. Yang rencananya, bantuan ternak sapi ini, diberikan kepada masyarakat di Desa Girimarto, Semagar dan Selorejo, masing-masing sebanyak 40 ekor. Berikut ke Desa Bubakan dan Waleng, masing-masing sebanyak 30 ekor.
Sistem pemeliharaannya, tandas Semedi, akan dilakukan melalui cara beternak kandang komunal. Artinya, tidak dipelihara langsung di masing-masing kandang milik warga yang telah ada. Setiap kandang komunal, masing-masing akan menampung sebanyak 10 ekor sapi, sehingga totalnya kelak, jumlah kandang komunal mencapai sebanyak 18 kandang.
Lebih lanjut Semedi, menyebutkan, model pemeliharaan melalui kandang komunal ini, diharapkan akan lebih intensif pemeliharaannya, dan dapat mencapai hasil yang maksimal. ”Kelak, usaha ternak sapi komunal ini, akan dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), yang eksis di masing-masing desa di wilayah Kecamatan Girimarto,” tegas Semedi.
Upaya melibatkan BUMDes sebagai pengelolanya, ini berkaitan sekaligus untuk memberikan bantuan modal bagi lembaga pedesaan tersebut. Bantuan sapi dari Kementerian Desa, nantinya diberikan kepada warga melalui lembaga BUMDes. Untuk mendorong agar sukses, selama 3 tahun ke depan, akan terus dilakukan pendampingan.
Untuk mengantar suskes usaha di bidang peternakan, pemerintah akan senantiasa melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para petani peternak di Kecamatan Girimarto. Masing-masing seorang petani peternak, bertanggungjawab melalukan pemeliharaan dua ekor sapi. Kepada mereka, dibangunkan kandangnya, diberikan bantuan bibit rumput, dan dibangunkan fasilitas gudang pakan. sumber (suaramerdeka.com /14 Oktober 2016)


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 05.27

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
CB