PROFIL UMKM "REJO" BUMDes SELO MAKMUR

Posted by BUMDes SELOMAKMUR on 07.19

Pada tanggal 15 Februari 2016 berdiri Badan Usaha Milik Desa di Desa Selorejo, Kecamatan Girimarto Wonogiri. Badan usaha tersebut adalah suatu wadah kegiatan dalam masyarakat tak lepas dari pemberdayaan masyarakat. Beberapa program Badan Usaha Milik Desa di Selorejo, Girimarto salah satunya adalah menghidupkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yaitu usaha yang berorientasi pada Industri Rumah Tangga yang bermodal rendah yang bisa dilakukan oleh masyarakat perdesaan. Pada awal pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Masyarakat Selorejo hampir tidak ditemukan UMKM. Dengan demikian BUMDes berkomitmen menghidupkan UMKM di selorejo dengan menggali potensi masyarakat. Dengan berjalannya waktu ditemukan beberapa rumah tangga yang bisa memproduksi makanan olahan dari inisiatifnya, dari beberapa makanan olahan yang bisa dihasilkan beberapa rumah tangga adalah :
1.      1. Kripik Pisang (REJO 1)
Kripik Pisang adalah bahan olahan yang terbuat dari sisiran buah pisang, yang kemudian diolah menjadi makan ringan yang bisa dibuat beberapa varian rasa. Bahan olahan dari buah pisang mempunyai prospek bagus karena disamping permintaan pasar tinggi bahan baku tersedia di lingkungan sekitar warga.
2.      2. Pangsit Seledri (REJO 2)
Pangsit Seledri adalah makanan olahan yang terbuat dari bahan baku Tepung Terigu dan telur. Sebenarnya makanan olahan Pangsit banyak tersebar di pasaran, akan tetapi inisiatif dari Rejo 2 memvariasi ditambah sayuran yang kaya akan vitamin jadilah pangsit seledri/pangsit sayur.
3.      3. Empon-empon Instan (REJO 3)
Empon-empon Instan adalah minuman alami yang menyehatkan yang terbuat dari empon-empon yang di olah menjadi minuman instan yang berkhasiat. Empon-empon Instan sangat digemari masyarakat karena disamping berkhasiat bagus rasanya juga enak dan segar.
4.    4.   Paru Daun Singkong (REJO 4)
Paru Daun Singkong adalah makanan yang terbuat dari bahan baku daun singkong yang berbentuk kripik, makanan ini sangat unik karena yang sering ditemukan paru terbuat dari daging tetapi ini terbuat dari daun singkong. Makanan ini sangat digemari karena rasanya yang enak dan unik.
5.       5. Thiwul Instan (REJO 5)
Thiwul instan adalah makanan khas dari daerah wonogiri. Thiwul adalah nasi yang terbuat dari gaplek atau singkong yang dikeringkan. Karena nasi thiwul tidak bisa bertahan lama, maka pengrajin berinisiatif membuat Thiwul Yang bisa dimasak setiap saat. Thiwul instan sangat dicari oleh para perantau di kota-kota dan luar jawa yang merindukan makanan khas daerah asal.

Itulah beberapa produk olahan UMKM salah satu unit dari BUMDes. Produk-produk olahan tersebut sudah beredar di Pusat oleh-oleh di daerah wonogiri dan outlet-outlet sekitarnya. Pemasaran produk tersebut selain di daerah juga diluar daerah lain antara lain, Solo, Semarang, Majalengka, Tengerag, Pacitan, Ngawi, dan daerah sekitarnya.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 07.19

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
CB